ANALISIS KEBUTUHAN BAHASA JEPANG MAHASISWA POLITEKNIK PARIWISATA BALI DENGAN LATAR BELAKANG BAHASA LOKAL YANG BERBEDA UNTUK PROGRAM TRAINING KE JEPANG

I Gusti Ayu Niken Launingtia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan yang diperlukan bahasa Jepang pada mahasiswa Politeknik Pariwisata Bali untuk program Training ke Jepang karena dalam bahasa Jepang intonasi dan setiap penjedaan saat berbicara itu sangat di perhitungkan. Terkadang peredaan intonasi dan penjedaan saat berbicara atau mengucapkan bahasa Jepang yang salah membuat lawan bicara susah menangkap arti yang dibicarakan lawannya. Mahasiswa di kampus Poltekpar bali berasal dari berberapa daerah yang mempunyai logat/ dialek bahasa lokalnya yang berbeda-beda. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori behaviorisme karena dengan teori ini mahasiswa diajarkan bahasa Jepang dengan cara audiovisual yang meningkatkan stimulus dalam melafalkan, intonasi, cara merespon lawan bicara yang baik. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, yaitu dengan cara observasi bagaimana logat dari mahasiswa kemudian di latih pelafalan bahasa Jepang yang baik. Metode audio-visual yang bertujuan melatih mahasiswa dalam pelafalan, intonasi bahasa Jepang dan cara merespon tamu dengan baik, agar mahasiswa terbiasa mendengarkan sekaligus melihat cara orang Jepang saat melayani tamu. Kemudian menggunakan metode wawancara agar mengetahui kendala yang dihadapi saat berbicara dengan orang Jepang dan saat melayani tamu sesuai standar hotel di Jepang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa sebelum melakukan training saat pembelajaran hanya menggunakan teori kognitif, jadi mereka hanya menghafal materi saja tanpa ada prakteknya. Maka dari itu, saat melakukan Training ke Jepang mahasiswa mengalami sedikit kendala saat melayani tamu di restoran karena kesalahan memahami keinginan tamu, namun saat melayani tamu check In, check out dan pembelian tiket onsen mengalami sedikit kendala tentang kosa kata, namun tidak mengalami kendala bahasa baik secara pelafalan, intonasi dan cara melayani tamu atau bodylanguage mereka sudah bisa mengikuti seperti standar di Hotel Jepang.

Keywords


Analisis Kebutuhan, Bahasa Jepang, Program Training

Full Text:

PDF

References


Anwar,Arifin. 1982. Strategi Komunikasi. Bandung: Armico

Muliana,I.W & Suprastayasa, I.G.N.A. 2009. Need Analysis Of English For Students Of SPA Trainging Program. Jurnal Ilmiah Pariwisata vol 14 no1.

Purwanto, Ngalim. 1997. Prinsip- prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdkarya.

Soepardjo, Djodjok. 2012. Linguistik Bahasa Jepang. Surabaya: Bintang Surabaya.

Suandi, Nengah.2008. Pengantar Metodelogi Penelitian Bahasa. Singaraja: Undiksha. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2008. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleon, Lexy.J. 2000. ssss. Bandung: PT.REMAJA. postdayakarya.

Sukiman. 2012. Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Kanisius.

Surahman, Ade. 2019. “Analisis Kebutuhan Bahasa Jepang Mahasiswa PBJ UNNES untuk Program Intership di Jepang”. Skripsi. Semarang: UNNES.

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Suyatno. 2010. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC

Takano, T., Yajima, M., dkk. 1993. Practical Business Japanese -10 chapters to success. Japan : Top Language

Tarigan, Henry Guntur. 1981. Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Pembelajaran. Jambi: Anggota IKAPI.

Zulhammi.2015.Teori Belajar Behavioristik dan Humanistik dalam Perspektif Pendidikan Islam.(Jurnal Darul Ilmi) Vol. 3 No. 1Hal.105-127.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.