KAJIAN SOSIOLINGUISTIK: MODEL PEMERTAHANAN BAHASA BALI DI LINGKUNGAN SMP NEGERI 1 DENPASAR

I Made Yogi Marantika, Putu Galih Perdana Putra

Abstract


Bahasa Bali merupakan salah satu bahasa daerah yang masih bertahan di era modern seperti saat ini. Selain dikarenakan bahasa Bali masih digunakan sebagai sarana komunikasi sehari-hari oleh warganya, bahasa Bali mampu bertahan hingga saat ini juga disebabkan banyak digunakan dalam berbagai dimensi kehidupan masyarakatnya. Dalam dimensi keagamaan, peran bahasa Bali sangat menonjol, dimulai dari doa sehari-hari, ritual yadnya, hingga ritual hari besar keagamaan Hindu. Dalam dimensi seni dan budaya, peran bahasa Bali juga tidak bisa dinihilkan. Seni peran bebondresan misalnya, merupakan komedi berbahasa Bali yang sangat digandrungi warga Bali yang tentu memberi kontribusi terhadap ajeg-nya bahasa Bali hingga kini. Di tengah penggunaan bahasa Bali dalam berbagai dimensi kehidupan masyarakat Bali, pergeseran bahasa Bali di tengah arus moderenisasi menjadi sesuatu yang tidak dapat terhindarkan. Walaupun demikian, di tengah gempuran modernisasi tersebut, terdapat berbagai upaya yang dilakukan sekolah untuk mempertahankan bahasa Bali di kalangan generasi muda. Salah satunya terlihat di SMP Negeri 1 Denpasar, yang memiliki aksi-aksi nyata dalam upaya pemertahanan bahasa Bali.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah model pemertahanan bahasa Bali di SMP Negeri 1 Denpasar. Berdasarkan hasil kajian diketahui terdapat model pemertahanan bahasa Bali di SMP Negeri 1 Denpasar, yaitu 1) bersinergi dengan kebijakan Pemerintah Provinsi Bali untuk mengembangkan bahasa Bali sebagai aset budaya Bali, 2) penguatan kurikulum dan proses pembelajaran, 3) Penggunaan bahasa Bali pada hari-hari tertentu, 4) pengembangan diri bahasa Bali dan Utsawa Dharma Gita (Kidung) dan 5) kegiatan lomba berbahasa Bali pada perayaan hari raya keagamaan.

Keywords


bahasa Bali, pemertahanan bahasa, pergeseran bahasa

Full Text:

PDF

References


Holmes, Janet. 2001. An Introduction to Sociolinguistics. UK: Longman.

Keputusan Kepala SMP Negeri 1 Denpasar Nomor 421.3/1790B/SMPN1/DPS tentang Pembagian Tugas Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar, Bimbingan Konseling dan Pembagian Tugas Staf Tata Usaha Tahun Pelajaran 2017-2018

Panduan Pembelajaran untuk Sekolah Menengah Pertama. 2016. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Pemerintah Kota Denpasar. 2016. Pemkot Denpasar Terapkan Rahina Mebasa Bali Tiap Rabu, Purnama dan Tilem. . Diunduh 28 Agustus 2017.

Peraturan Daerah Propinsi Daerah Tingkat I Bali Nomor 3 Tahun 1992 tentang Bahasa, Aksara dan Sastra Bali. . Diunduh 28 Agustus 2017

Peraturan Gubernur Bali Nomor 20 Tahun 2013 Tentang Bahasa, Aksara Dan Sastra Daerah Bali Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Peraturan Presiden No. 96 tahun 2014 tentang Rencana Pita Lebar Indonesia 2014-2019.

Pusat Kajian Komunikasi Universitas Indonesia dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2014. Profil Pengguna Internet 2014. APJII: Jakarta.

Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 421.3/9940/Disdikpora Tanggal 17 Juli 2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.