HUBUNGAN KEKERABATAN BAHASA NIAS DAN BAHASA SIGULAI

Dwi Widayati

Abstract


Bahasa Nias dan bahasa Sigulai adalah dua bahasa yang dituturkan di dua pulau kecil yang berbeda. Bahasa Nias (BN) dituturkan di Pulau Nias dan bahasa Sigulai (BS) merupakan salah satu bahasa yang dituturkan di Pulau Simeulue. Kedua wilayah tutur bahasa tersebut berjarak cukup jauh. Namun, pada beberapa data menunjukkan bahwa kedua kata tersebut memiliki kemiripan baik fonetis maupun kosa katanya. Berdasarlan latar belakang sejarahnya disebutkan bahwa bahasa Sigulai yang dituturkan di utara Simeulue berkaitan dengan Nias. Dengan alasan alasan tersebut tulisan ini berupaya menganalisis bagaimana hubungan kekerabatan kedua bahasa tersebut sebagai turunan bahasa Austronesia. Metode yang digunakan adalah metode komparatif dengan teknik leksikostatistik yang berupaya membandingkan kedua bahasa tersebut untuk mendeskripsikan hubungan keduanya, baik perbedaan maupun persamaannya dan juga tingkat kekerabatan keduanya. Dengan menggunakan 200 kosa kata dasar Swadesh sebagai bahan analisis, ditemukan kesamaan leksikon keduanya sekitar 59% melalui perbandingan pasangan identik, seperti: lima ‘lima’, ebolo ‘lebar’, bu ‘bulu/rambut’, buŋa ‘bunga’, abao ‘bengkak’, deu ‘hujan’ dalam BN dan BS; berbeda vokal, seperti:xǝ (BN) ~ xa (BS) ‘di/pada’, dǝlu (BN) ~ dalu (BS) ‘pohon’, berbeda konsonan, seperti: nawu (BN) ~ navu (BS) ‘abu’, alisi (BN) ~ galifi (BS) ‘bahu’, roo (BN) ~loo (BS) ‘dengar’; berbeda satu silabel, seperti: otulǝ (BN) ~ otu (BS) ‘benar’, sa ambua (BN) ~ amba (BS) ‘satu, berbeda satu vokal, seperti: ebua (BN) ~ eba (BS) ‘besar’, matua (BN) ~ imatua (BS) ‘lelaki’, berbeda satukonsonan, seperti: simbo (BN) ~ imbo (BS) ‘asap’, sǝxi (BN) ~ ǝxi (BS) ‘bagus/baik’. Dari jumlah persentase kekerabatan tersebut dikelompokkan bahwa BN dan BS adalah keluarga bahasa.Selanjutnya, dihitung waktu pisah kedua bahasa yang dibandingkan melalui rumusan W = Log C/ 2 log.r. Hasilnya adalah 1,217. Artinya bahasa Nias dan Sigulai adalah bahasa yang berkerabat dan merupakan satu bahasa yang sama sekitar 1.217 tahun yang lalu atau sekitar tahun 800 Masehi (dihitung dari tahun 2017), sebelum akhirnya berpisah.

Keywords


kekerabatan, bahasa Nias, bahasa Sigulai, komparatif

Full Text:

PDF

References


Agur, Azharuddin., dkk. (1996). Bunga Rampai Sejarah Simeulue. Simeulue-Sinabang. Aneuk Mentua Banda Aceh.

Agur, Azharuddin. (2007). “Simeulue dalam Lintas Sejarah dan Budaya”. Tulisan Lepas.

Ancuex, J.C. (1965).HJ “Linguistics Theories about Austronesian Homeland.” BKI 23: 417-431 TerjemahanSudaryanto: FS UGM

Dyen, I. 1965. A Lexicalstatistical Classification of the Melayu-Polinesian Languages. Baltimore: The Waverly Press

Blust, R.A. 1971. “Proto-Austonesian Addenda”. Working Papers in Linguistics 3 (1): 1-106. Honolulu: University of Hawaii

Blust, R.A. 1981. Variation in Retention Rate among Austronesian Languages. Paper. TICAL. Bali. Monograf.

Bellwood, Peter dkk.2002. Prasejarah Kepulauan Indo-Malaysia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Brown, Lea. 2001. “A Grammar of Nias Selatan”. A thesis submitted for the degree of Doctor of Philosophy of University of Sydney.

Crowley, Terry dan Claire Bowern. 2010. An Introduction to Historical Linguistics.Oxford: Oxford University Press.

Keraf, Gorys. 1984. Linguistik Bandingan Historis. Jakarta: Gramedia.

Mbete, Aron Meko. 2002. Metode Linguistik Diakronis. Denpasar: Universitas Udayana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.