NASIB JRO SULASIH DI TANGAN GUNG AJI DALAM CERPEN "SULASIH" KARYA PUTU FAJAR ARCANA: PENDEKATAN GENDER

Sri Jumadiah, Maria Matildis Banda

Abstract


Sulasih adalah tokoh utama cerpen “Sulasih” dalam kumpulan cerpen Drupadi Arcana, 2015). Sulasih bernama Jro Sulasih setelah menjadi istri Gung Aji. Mahasiswa ini rela dijadikan istri ketiga untuk melahirkan anak laki-laki yang diharapkan keluarga puri. Kedua istri sebelumnya hanya melahirkan anak perempuan yang tidak diharapkan, sebab tidak dapat melanjutkan keturunan puri. Ternyata Jro Sulasih juga melahirkan anak perempuan dan menculik bayi laki-laki demi eksistensi puri. Cerpen ini secara tersurat maupun tersirat mempertentangkan relasi laki-laki dan perempuan dalam budaya patriakhi. Hal ini akan dikaji lebih lanjut dalam dua rumusan masalah yaitu 1) struktur estetika teks “Sulasih” dari sisi alur, latar, dan perwatakan; 2) bagaimana perbedaan gender dalam latar keluarga puri dan kehadiran laki-laki demi keberlanjutan eksistensi puri? Kedua rumusan masalah ini dikaji pendekatan struktur estetika sastra dan pendekatan gender dan sosiologi sastra dengan menggunakan metode deskriptif analitik. Hasilnya menjelaskan estetika struktur estetika yang disampaikan dalam alur tunggal yang didukung konflik sebelumnya dalam alur flash back. Struktur estetik cerpen dirangkai dalam tiga persoalan yaitu laki-laki sebagai penerus keturunan, peran perempuan, dan eksistensi puri. Dalam Sulasih perberdaan gender melahirkan ketidakadilan. Akhir cerita open end merupakan kecerdasan pencerita dalam menguraikan tiga hal serius yaitu stigma budaya patriaki, subordinasi peran perempuan, dan melemahnya dominasi kekuasaan puri. Gagasan ini dapat ditemukan juga dalam cerpen antara lain “Ketika Kentongan Dipukul di Bale Banjar” karya Nyoman Rasta Sindhu”

Keywords


Struktur estetika, perbedaan gender, subordinasi

Full Text:

PDF

References


Arcana, Putu Fajar. 2015. “Sulasih” dalam Kumpulan Cerpen Drupadi. Jakarta: Penerbit Buku Kompas

Banda, Maria Matildis. 2019. “Tema dan Kekuatan Konflik dalam dalam Merangkai Alur Cerita Antologi Cerpen Pesan Perdamaian dari Bumi Flobamora.” dalam Antologi Cerpen Narasi Rindu. Jakarta: Kosa Kata Kita.

Lestari, Diah Made. 2016. “Hidup di Tengah Sistem Kekeluargaan Patrilineal: Kekuatankah atau Kelemahan Bagi Perempuan Hindu Bali dalam Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)?” Prosiding Seminar Seminar Nasional IHDN dengan tema “Paradigma Perempuan Hindu Masa Kini dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean.Denpasar: IHDN.

Murniati, Nunuk P. 2004. Getar Gender: Perempuan Indonesia dalam Perspektif Sosial, Politik, Ekonomi, Hukum, dan HAM. Indonesiatera, Magelang

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2002. Kritik Sastra Indonesia Modern. Yogyakarta: Gama Media.

Wellek, Rene dan Austin Warren. 1989. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT. Gramedia.

Geertz, Clifford. 1992. Tafsir Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius.

Windia, Wayan P. 2013. Perkawinan Pada Gelahang di Bali. Denpasar-Bali: Udayana University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.