SIKAP BAHASA SISWA SMA DI KABUPATEN BOGOR DALAM PEMERTAHANAN BAHASA SUNDA ERA PANDEMI

- Triyanto

Abstract


Pada era pandemi Covid-19, terdapat perubahan pola komunikasi dari langsung menjadi tidak langsung yakni melalui media gawai. Hal ini juga terjadi pada siswa SMA di Kabupaten Bogor. Kertas kerja ini mengkaji sikap bahasa pada siswa SMA di Kabupaten Bogor saat berkomunikasi via gawai baik dalam situasi formal maupun nonformal. Penelitian dilakukan terhadap para siswa yang berbahasa ibu Sunda. Pada penelitian ini, komunikasi yang ditelaah adalah antara para siswa sebagai partisipan dengan teman sekolah atau guru. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, ditemukan bahwa para siswa lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia dibandingkan dengan menggunakan bahasa Sunda. Penggunaan bahasa Indonesia yang lebih dominan merupakan representasi dari kepercayaan diri yang lebih ketika berkomunikasi. Sikap bahasa yang ditunjukkan para siswa dalam penggunaan bahasa Sunda mencerminkan pergeseran bahasa Sunda dan lemahnya pemertahanan bahasa Sunda pada lingkungan sosial para siswa tersebut.

Keywords


sikap bahasa, pemertahanan bahasa, bahasa ibu, bahasa Sunda

Full Text:

PDF

References


Arifin, E.Z. (2016). Bahasa Sunda dialek Priangan. Jurnal Pujangga, 2 (1): 1–44.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2019). Bahasa dan Peta Bahasa di Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Djajasudarma, F. (2012). Pergeseran peran bahasa Indonesia. Ranah, 1 (1): 1–9.

Ibrahim, G.A. & Mayani, L.A. (2018). Perencanaan bahasa di Indonesia berbasis triglossia. Masyarakat Linguistik Indonesia, 36 (2): 107–116.

Kulsum, U. (2020). Penguasaan undak usuk bahasa Sunda untuk meningkatkan sopan santun. Caraka, 9 (3): 143–148.

Kumar, R. (2011). Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners (3rd ed.). Sage. London. pp. 1-366.

Kusuma, I.P.I. & Adnyani, L.D.S. (2016). Motivasi dan sikap bahasa mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5 (1): 12–26.

Mansyur, U. (2018). Sikap bahasa dan pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi.

Rahayu, Y.E. & Listiyorini, A. (2010). Sikap bahasa wanita karir dan implikasinya terhadap pemertahanan bahasa Jawa. Litera, 9 (2): 122–133.

Taylor, S.J., Bogdan, R., & DeVault, M.L. (2016). Introduction to Qualitative Research Method: A Guide Book and Resource. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Widianto, E. (2018). Pemertahanan bahasa daerah melalui pembelajaran dan kegiatan di sekolah. Jurnal Kredo, 1 (2): 1–13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.